silakan dicoba

"Pecel Madiun" Makanan Rumahan yang Tetap Bertahan

by pirly_ae.dot.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan rumahan yang satu ini? Pecel merupakan makanan rumahan yang biasanya disantap saat sarapan maupun makan malam. Hampir di setiap warung menjual menu makanan ini. Mulai dari kaki lima sampai di restaurant ternama.

Jika anda berkunjung ke Kota Madiun, sungguh tidak lengkap rasanya jika belum mencoba pecel khas Kota ini. Memang kita bisa menjumpai pecel hampir di semua kota di Indonesia, namun di Madiun pecel mempunyai rasa yang sungguh berbeda dari daerah lain.

Pecel Madiun memiliki ciri khas dari bumbu-bumbu untuk membuatnya. Sambal yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng sangrai, cabai merah, cabai rawit, gula jawa dan bumbu-bumbu yang lain ini memiliki rasa yang nikmat. Bandingkan jika anda membeli pecel di daerah lain, akan terasa sekali bedanya. Rasa manis, asam, gurih bercampur menjadi satu dengan komposisi bumbu yang pas.

Di tengah jaman yang semakin maju ini, banyak sekali variasi makanan baru yang sudah menggeser keadaan sebagian makanan rumahan khas Indonesia ini. Namun pecel madiun semakin eksis di tengah persaingan varietas makanan yang semakin banyak ini. Semakin banyak restaurant dan depot-depot yang menyediakan menu makanan ini. Bahkan ketika saya berkunjung di sebuah warung di surabaya yang menjual pecel Madiun ini, saya harus rela antri lama demi untuk mendapatkan sepiring pecel madiun. Bahkan yang membeli bukan hanya kalangan bawah saja, tetapi para kalangan atas juga tidak mau ketinggalan antri.

Nah seharusnya hal ini juga bisa terjadi kepada makanan khas Indonesia yang mulai hilang ditelan jaman. Kita harus mulai memperkenalkan kembali makanan kita kepada anak cucu kita agar keberadaan makanan khas kita tidak hilang begitu saja.

{ 6 comment... read them below or add one }

Admin said...

paling enak makan pecel dilesehan rame2, muantab.... :)
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

pirly_ae.dot.com said...

iya gan. paling enak lesehan. ok tak mampir gan. mampir ke Madiun juga gan

Anonymous said...

Yang enak pastinya pecel mbok Wo, dekat Carefour. :D

Asaz said...

pecel makanan sehat yang tidak ada kolesterolnya mas pirly terima kasih udah komen di hattarajasa, mas ikut lomba aja mas masih ada waktu ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

pirly_ae.dot.com said...

@Harmony admin : iya gan paling enak itu. pa lagi sama empal daging

@ASAZ: Lomba apa ya gan temanya?

Unknown said...

makanan yang memanjakan lidah salah satunya adalah pecel lele

obat kutil kelamin

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK