silakan dicoba

Manfaat Daun Sirsak

by pirly_ae.dot.com

Siapa yang tidak mengenal pohon sirsak. Pohon yang memiliki buah berwarna hijau dan memiliki daging putih berserat ini ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi buahnya. Beberapa bagian tumbuhan ini ternyata juga memiliki fungsi lain. Salah satu bagian tanaman ini adalah daunnya. Lalu apa sajakah manfaat dari daun sirsak?
Daun sirsak selain berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis yaitu proses pebuatan makanan bagi tumbuhan dengan bantuan sinar matahari ternyata juga bermanfaat bagi manusia. Daun sirsak ternyata bisa digunakan sebagai obat penyakit kanker. Bahkan ada yang mengatakan, khasiat dari daun sirsak ini 10000x lebih manjur jika dibandingkan penyembuhan melalui kemoterapi.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam suatu penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa daun sirsak berguna bagi penyembuhan penyakit kanker. Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLaughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.
Sumber lainnya, The Journal of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.


Lalu bagaimana cara penggunaan daun sirsak sebagai obat kanker?
Yang perlu dilakukan adalah dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali.
Untuk pencegahan kanker, kita cukup mengkonsumsi buah atau jus sirsak.

Ternyata daun sirsak yang selama ini dianggap tidak berguna menyimpan manfaat yang besar bagi dunia kesehatan. Dengan ditemukannya penelitian tentang manfaat daun sirsak ini tentu sangat membantu para penderita kanker yang tidak mampu melakukan kemoterapi tetap bisa mendapatkan harapan untuk sembuh.

Indonesia sebenarnya menyipan banyak sekali tanaman yang bermanfaat namun belum diketahui manfaatnya.
Semoga artikel ini bermanfaat.

{ 2 comment... read them below or add one }

cara pembelian ace maxs said...

khasiat daun sirsak memang tiada duanya :)

Unknown said...

makasih infonya saya jadi lebih tau manfaat daun sirih

obat herbal

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK