silakan dicoba

Cara Mengajar yang Efektif

by pirly_ae.dot.com

Mungkin bagi anda para pengajar sangat susah untuk menyampaikan ilmu kepada murid anda, apalagi murid yang anda hadapi adalah anak jaman sekarang yang cenderung lebih suka seenaknya sendiri tidak peduli itu kepada guru atau bahkan orang tua mereka sendiri. Sering kali kita dibuat jengkel terhadap sikap mereka. Apalagi pelajaran yang anda terangkan dengan susah payah tidak mampu mereka pahami dengan baik.
Sebenarnya pada saat ini kesabaran kita sedang diuji. Untuk menghadapi anak-anak semacam ini ada beberapa trik yang harus dipahami. Kita jangan berfikir kalau mereka harus mengikuti kita, namun sebaliknya kita yang harus bisa mengikuti mereka. Jadi hilangkan pikiran itu.

Berikut beberapa tips mengajar yang efektif :

Pertama kita harus bisa mengontrol emosi terlebih dahulu. Jangan menuruti apa kata emosi kita, sebab hanya akan memberikan pandangan buruk di hadapan murid anda bahwa kita adalah seorang yang arogan. Dengan adanya pandangan seperti itu jangankan mau memahami, bertemu anda pun mungkin murid anda enggan.

Kedua kita harus bisa mengendalikan suasana. Dalam suasana apapun kita harus bisa membawa murid kita dalam suasana mengajar yang nyaman. Seperti pada waktu siang hari, murid-murid banyak yang merasakan kantuk dan lapar. Tak jarang ada yang tidur di kelas. Oleh karena itu kita harus bisa merubah kondisi yang menjenuhkan ini ke dalam kondisi yang lebih nyaman seperti sesekali kita tidak usah terlalu serius dan mengajak mereka untuk lebih akrab dengan kita.

Ketiga kita harus pandai menyampaikan materi pelajaran dengan cara yang mudah dipahami dan menyenangkan bagi murid-murid anda. Saya yakin sesulit apapun sebuah pelajaran, namun jika orang itu suka dengan pelajaran itu maka yang susah menjadi mudah.

Yang terakhir, jagalah kualitas mengajar anda. Jika sudah menemukan metode yang tepat untuk mengajar, pertahankan atau tingkatkan kualitas anda.

Demikian info yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

{ 0 comment... read them below or add one }

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK