silakan dicoba

Kopi Luwak Sebagai Kopi Termahal dan Terunik di Dunia

by pirly_ae.dot.com

Siapa yang tidak tahu kopi. Minuman hitam pekat yang menjadi primadona banyak orang ini mempunyai bermacam-macam jenis. Salah satu yang paling terkenal adalah jenis arabica dan robusta. Kopi pertama kali dikenal di daerah Timur Tengah dan mulai diperkenalkan di Indonesia melalui para pedagang yang dulu datang ke Indonesia untuk berdagang. Sejak saat itulah kopi mulai dikenal di Indonesia.
Bagi anda pecinta kopi tidak puas rasanya jika hanya menikmati kopi yang itu-itu saja. Berbanggalah anda sebagai warga Indonesia, karna Indonesia mempunyai salah satu varian kopi yang cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia. Bahkan bisa pula diartikan sebagai kopi termahal di dunia yaitu "Kopi Luwak". Bayangkan saja harga per cangkirnya bisa mencapai 50rb, sungguh harga yang mahal untuk secangkir kopi. Namun harga itu tidaklah berat bagi para pecinta kopi sejati.

kotoran luwak
Jikalau anda membayangkan proses pembuatan sebuah kopi dari mulai biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang siap seduh, mungkin anda tidak akan percaya jika mengetahui proses pembuatan kopi luwak ini. Sebenarnya proses pembuatan kopi ini tidak jauh berbeda dengan kopi pada umumnya. Yang membedakan adalah pada saat proses pengupasan kulit kopi. Pada proses ini, pelepasan kulit kopi tidak menggunakan sebuah alat, namun menggunakan seekor musang/luwak. Biji kopi yang telah matang diberikan kepada luwak sebagai makanan. Luwak akan memilih kopi mana yang benar-benar matang. Setelah itu luwak akan memakan dan terjadilah proses fermentasi alami di dalam perut luwak. Biji kopi tidak akan ikut tercerna karena hanya kulitnya saja yang tercerna dan biji kopi akan keluar bersama kotoran luwak.

Bisa anda bayangkan seperti apa kotoran luwak itu. Anda mungkin berfikir kenapa orang mau mengkonsumsi kotoran? Tenang, karena biji kopi yang tercampur kotoran luwak selanjutnya dibersihkan sampai tidak ada kotoran yang menempel di biji kopi. Selanjutnya biji kopi dijemur hingga kering dan mulailah masuk dalam proses penggorengan hingga menjadi bubuk kopi. Kopi ini di dunia sangat terkenal, bahkan banyak para turis asing datang ke Indonesia hanya untuk menikmati rasa dari kopi luwak ini. Sebenarnya apa sih keistimewaan kopi luwak hingga harganya bisa melejit? menurut sebagian orang, kopi luwak tidak berasa asam seperti kopi pada umumnya dan tidak menimbulkan kembung. Selain itu ada yang berkata bahwa kadar kafeinnya lebih rendah.
Bagaimana? tertarik mencoba kopi luwak yang fenomenal?

{ 2 comment... read them below or add one }

Asaz said...

kopi luwak jaman dulu adalah luwak liar yang jadi hama kopi terus buang kotoran di perkebunan kopi tapi sekarang luwaknya sudah di budi dayakan artinya luawak dalam kandang yang di beri makan kopi terima kasih sudah komen di artikenya ini

pirly_ae.dot.com said...

@ASAZ: Thanks gan komen nya

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK