silakan dicoba

Tips Merawat Hardisk

by pirly_ae.dot.com

Hardisk adalah sebuah perangkat yang mempunyai fungsi sangat penting pada sebuah komputer. Hardisk digunakan sebagai media penyimpanan data-data baik berupa file ataupun sistem. Tetapi, dengan fungsinya yang sangat penting ini, hardisk memerlukan perawatan agar usia hardisk bisa bertahan lebih lama. Caranya, kita harus menghindari hal-hal yang berpotensi merusak hardisk kita. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada hardisk beserta solusinya:

Bagi anda para pengguna PC ataupun notebook sebaiknya hindari beberapa faktor berikut:

Hal ini akan mengakibatkan komputer melakukan restart dan pada saat booting di awal akan melakukan scandisk untuk mengetahui apakah ada kesalahan dalam hardisk kita. Biarkan saja proses ini berjalan sampai selesai. Jangan menghentikan proses ini di tengah jalan karena akan menimbulkan bad sector pada hardisk yang berakibat hardisk tersebut semakin lambat.

Solusi: Lakukan proses scandisk secara berkala pada hardisk anda. baik itu mingguan atau secara bulanan.

Pada saat pemakaian hardisk dalam jangka waktu yang lama, akan terjadi proses fragmentasi. Hal ini mengakibatkan file-file banyak yang berpencar sehingga kinerja hardisk akan menjadi lebih lambat.

Solusi: Lakukan proses defrag. hal ini bisa merapikan semua file yang berantakan  sehingga mampu meringankan kinerja hardisk.

Lakukan proses formad hardisk jika hanya diperlukan saja. Terlalu jarang atau terlalu sering melakukan formad hardisk bisa menimbulkan bad sector pada hardisk anda. 

Solusi: Penggunaan perintah formad dapat dilakukan apabila pada hardisk yang akan diinstal terdapat bad sector, karena hal ini merupakan salah satu maintenance hardisk. Dalam kondisi bagus, sebaiknya lakukan pemformatan setiap 6 bulan sekali karena bisa memperpanjang usia hardisk anda.

Tidak stabilnya tegangan listrik, dapat mengakibatkan kerusakan pada motherboard dan hardisk. Jika terjadi tegangan yang tidak stabil atau bahkan listrik mati secara mendadak, akan mengganggu proses hardisk saat pembacaan data karena posisi head berada di permukaan platter sehingga bisa mengakibatkan resiko platter tergores oleh head yang mengakibatkan munculnya bad sector.

Solusi: Gunakan stabilizer, karena alat ini mampu menstabilkan tegangan dan mampu menunda turunnya tegangan secara drastis dalam beberapa detik

Penggunaan hardisk terlalu lama, dapat menyebabkan panas yang berlebihan. Hal ini bisa mengakibatkan perangkat board circuitnya menjadi terbakar.

Solusi: Kita bisa memasang coller hardisk sehingga bisa mengurangi panas yang ditimbulkan.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagi dengan teman-teman sekalian. jangan lupa tinggalkan komentar. semoga bermanfaat^_^

{ 0 comment... read them below or add one }

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK