silakan dicoba

Hati-hati Kecanduan Blog

by pirly_ae.dot.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aktifitas blogging. Tentu anda yang hobi menulis sangat tertarik dengan hobi ini. Bagaimana tidak, hasil karya kita bisa dipublikasikan pada khalayak luas dan dibaca. Tentu sebuah kebanggaan bagi anda. Selain itu blogging tidak memerlukan banyak modal dan bahkan gratis. Di dunia maya terdapat beberapa fasilitas yang menyediakan fasilitas blogging, diantaranya blogspot.com, wordpress, detik blog dll.


Salah satu situs yang menyediakan fasilitas blogging secara gratis adalah blogger.com. Sebenarnya blogger adalah salah satu produk dari google sehingga kita tidak perlu lagi membeli sebuah hosting, domain, dll yang sangat merepotkan dan memerlukan modal, sehingga banyak para blogger menggunakan situs ini.

Dalam blogging, kita tidak hanya bisa menulis dan mempostingnya saja. Namun kita juga bisa mendatangkan pendapatan dan memasarkan produk kita. Tergantung bagaimana kita mengatur blog kita. Tapi perlu diingat, bahwa blogging bisa mengakibatkan kecanduan yang berlebih seperti halnya para pecandu rokok. Sehari saja  mereka tidak menghisap rokok, mulut mereka akan terasa pahit dan getir. Begitupun dengan blogging. sehari saja tidak melakukan aktifitas blogging, rasanya seperti ada yang mengganjal di hati  dan ingin melakukannya untuk menghilangkan rasa yang mengganjal tersebut.

Sebenarnya, kita boleh saja melakukan hobi ini, tapi kita juga harus memperhitungkan faktor lain yang mungkin dapat merugikan kita sendiri. Contohnya blogging adalah aktifitas di depan layar komputer. Sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada mata kita. Jangan berlama-lama di depan komputer, sediakan waktu istirahat agar mata kita tidak lelah.

Selain itu blogging juga bisa membuat kita lupa waktu. Apalagi bila blog kita bisa menghasilkan pendapatan. Waktu untuk belajar, istirahat, bermain pun diabaikan. Tidak jarang pula blogging juga berpengaruh buruk pada finansial kita. semakin senang kita blogging, uang berapapun untuk mengisi modem, pergi ke warnet, membeli hosting dll pun rela kita keluarkan.

Untuk itu bagi para blogger, hendaknya pintar-pintarlah membagi waktu. Jangan sampai kita merugikan diri kita sendiri oleh hobi yang kita sukai.

{ 5 comment... read them below or add one }

Asaz said...

sepertinya saya juga sudah mulai kecanduan ni apalagi bila ada contes seperti sekarang ini ok ditunggu coment bactnya di link artikenya ini

Unknown said...

Untung saya punya keuntungan waktu dengan bekerja di rumah sehingga mambagi waktu antara kerja & blogging sangat mudah
Mampir balik ya ke blog saya

pirly_ae.dot.com said...

@AZAZ: kapan-kapan kalau ada kontes kasih kabar ya gan.

@Andy: OK.Kapan-kapan akan mampir

Admin said...

ya untung sja sya mnggunkan jsa blog grtis jdi uang tdk ikut2 trbuang :)
jgn lupa mmpir ke eMingko Blog

pirly_ae.dot.com said...

@eMingko:iya gan. ane juga pake yg gratis. tp jo sampe rugi waktu gan. ok kapan2 mampir

Post a Comment

INFO MENARIK. SILAKAN KLIK